Kamis, 28 Juni 2012

Sistem Informasi Kenaikan Pangkat BAB I


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         LATAR BELAKANG
Informasi merupakan salah satu kebutuhan di dalam suatu instansi, perusahaan, organisasi, lembaga serta lingkungan yang berada di luar sistem. Informasi dianggap sangat penting karena adanya informasi dapat menambah pengetahuan, mengurangi  ketidak pastian  dan resiko kegagalan serta dapat membantu para pemimpin dalam mengambil suatu kesimpulan dan keputusan yang efektif dan efisien. Salah satu informasi yang penting dari suatu perusahaan ataupun instansi pemerintah adalah tentang kepegawaiannya yang terkait dengan apa saja yang termasuk dalam melengkapi data pegawai tersebut, mulai dari pangkat dan jabatan, cuti, dan penggajian dan lain-lain.
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah salah satu bagian dari Kantor Camat Pringgasela yang memiliki fungsi diantaranya mengolah administrasi kepegawaian yang terkait dengan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala PNS pada kantor tersebut, namun data-data mengenai kepangkatan atau golongan Pegawai masih berlum terorganisir dengan kata lain belum terkomputerisasi sehingga dalam pencarian data Pegawai yang naik pangkat pada tahun sekarang sangat lambat.
     Sehubungan dengan permasalahan diatas perlu adanya sebuah sistem informasi kenaikan pangkat dan gaji PNS pada Kantor Camat Pringgasela untuk mempermudah pencarian dan pembuatan pelaporan data pegawai yang naik pangkat. Sistem Informasi Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala PNS Pada Kantor Camat Pringgasela merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan dalam pengolahan data kenaikan pangkat. Sistem Informasi ini merupakan dasar dan konsekuen logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Karena Saat sekarang ini memakai microsoft excel yang memiliki kelemahan dalam hal waktu yang diperlukan cukup lama pada proses penginputan data.
Seiring dengan perkembangan ilmu komputer, saat ini software yang lebih baik dari microsoft excel adalah bahasa pemrograman  microsoft visual basic 6.0. Microsoft visual basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman  yang berfungsi untuk membuat sebuah sistem informasi berbasis windows yang memudahkan para programmer untuk memecah suatu masalah yang terjadi termasuk pada kenaikan pangkat dan gaji PNS pada Kantor Camat Pringgasela..


1.2         ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Berdasarkan observasi dan interview selama menjalankan Praktek Kerja Lapangan (PKL), data-data pegawai Kantor Camat Pringgasela tidak terorganisir, sehingga setiap kenaikan pangkat Pegawai  di inputkan secara manual menggunakan Microsoft Excel.
Melihat permasalahan diatas maka perlu adanya sebuah sistem baru yang mampu menyelesaikan hal tersebut secara cepat dan akurat. Maka dari itu penulis mengambil judul “Sistem Informasi Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala PNS Pada Kantor Camat Pringgasela” yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan serta efisiensi kerja.

1.3         RUANG LINGKUP
Agar tidak terjadi kesimpang siuran dan melebarnya pembahasan maka penelitian ini di batasi pada kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggunakan Microsoft visual basic 6.0 dengan Crystal Report 8.5 dan Microsoft Access 2003 sebagai basis datanya.

1.4         TUJUAN DAN MANFAAT
1.4.1   Tujuan
Tujuan Pembuatan Sistem Informasi ini adalah :
a.             Mengontrol sistem informasi kenaikan pangkat dan gaji berkala.
b.             Mempercepat dalam pencarian data pegawai Kantor Camat.
c.             Membangun sistem informasi yang sesuai guna mendukung kemajuan, yang dapat mempermudah dalam membuat dokumentasi.

1.4.2        Manfaat
a.       Teoritis
1.      Sebgai media pembelajaran bagi Penulis untuk mengetahui sistem administrasi kepegawaian.
2.      Menambah ilmu pengetahuan bagi Penulis
b.        Praktis
1.      Memberikan kemudahan bagi Kantor Camat Pringgasela
2.      Mempercepat proses dokumentasi dan pelaporan
3.      Mempercepat pencarian data pegawai

1.5         SISTEMATIKA PENULISAN
Secara garis besar Laporan Praktek Kerja Lapangan ini terdiri dari 5 (lima) bab dan beberapa lampiran. Adapun setiap bab dan sub-sub bab yang terdiri dari :
BAB I    : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas Latar Belakang Laporan PKL, Alasan Pemilihan Judul, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat, dan Sistematika Penulisan.

BAB II : HASIL PELAKSANAAN PKL
Bab ini berisikan tentang Lokasi/Tempat PKL, Pengumpulan Data, Analisa Terhadap Sistem/Prosedur yang Berjalan, Hasil Temuan/Permasalahan, Kendala-kendala yang dihadapi selama PKL, dan Solusi Pemecahan Masalah.
BAB III : USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH
Bab ini berisi Usulan Organisasi, Usulan Hardware/Software, Usulan Tenaga Kerja, Usulan Sistem Baru, Gambaran Sistem Usulan, dan Perancangan Output Data.
BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini Analisa Pemilihan Perangkat Lunak, Spesifikasi Perangkat Keras, dan Tampilan Program.
BAB V : PENUTUP
Pada bab ini penulis menguraikan Kesimpulan dari Laporan dan Saran.

0 komentar:

Posting Komentar